Rabu, 02 Juli 2008

Go Telkom Go )!(


Tahun 2010 Telkom Targetkan Badnwidth 40 GB



PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menargetkan akan memenuhi permintaan pasar dalam internasional bandwidth hingga 40 gigabyte/sec pada tahun 2010. Saat ini Telkom baru mempunyai internasional bandwidth sebesar 8,2 gigabyte/sec.
Eksekutif Manager Divisi Infrastruktur PT Telkom, Sarwoto, mengatakan, PT Telkom akan lebih memfokuskan pada permintaan pasar akan bandwidth ini sejalan dengan tren yang berlaku tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

"Jadi yang namanya tren industri itu voice (telepon biasa) tidak akan menjadi bisnis utama tetapi data internet broadband yang akan menjadi bisnis utama, sedangkan voice hanya menumpang," katanya.

Hingga kini Telkom mencatat kebutuhan akan internasional bandwidth telah meningkat menjadi 622 megabyte/sec setiap bulannya. Internasional bandwidth ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya teknologi dan pengguna telepon selular.

"Untuk melayani kebutuhan pasar ini, Telkom akan berusaha menaikkan internasional bandwidth perbulannya sebesar 0,6 gigabyte sehingga pada tahun 2010 atau 2011 target 40 giga akan tercapai," katanya.

Sarwoto mengatakan, untuk memenuhi kapasitas 40 gigabyte/sec, Indonesia memerlukan investasi sedikitnya 50 Juta Dollar AS.
Saat ini, perbandingan pelayanan Telkom antara telepon biasa dan data internet adalah 70 berbanding 30. Tetapi diharapkan ke depannya akan memiliki perbandingan yang seimbang 50 berbanding 50.


Tidak ada komentar: